4 Hal Penting Persiapan Kehamilan Trimester 3 Menjelang Proses Persalinan

4-Hal-Penting-Persiapan-Kehamilan-Trimester-3-Menjelang-Proses-Persalinan
Foto dari Canva

Melakukan persiapan jelang persalinan penting untuk dilakukan, bahkan disarankan melakukan persiapan jauh-jauh hari. Saat Anda memeriksakan kandungan ke bidan atau dokter kandungan, tentu Anda sudah mendapat informasi mengenai HPL dan usia kandungan. HPL itulah yang menjadi acuan Anda untuk mempersiapkan persalinan Anda dengan baik. Lantas apa saja persiapan kehamilan trimester 3 yang bisa Anda lakukan?

Mempersiapkan persalinan

Semakin dekat waktu HPL tentu persiapan Anda sudah harus maksimal dan optimal. Persiapan ini tidak melulu tentang perlengkapan bayi, namun juga mental Anda untuk menghadapi persalinan nanti. Berikut adalah persiapan kehamilan trimester 3 dan yang bisa Anda persiapkan untuk persalinan.

1. Rutin periksa kandungan ke bidan atau dokter SpOG

Memasuki persiapan kehamilan trimester 3, Anda akan diberikan jadwal kunjungan atau jadwal periksa sebanyak 2 kali dalam sebulan. Yang artinya jadwal tersebut frekuensinya meningkat, karena sebelumnya pada trimester 1 dan 2 Anda hanya perlu periksa sebanyak 1 kali dalam sebulan.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko dalam persalinan dan kandungan Anda bisa lebih terpantau. Kemudian pada usia kandungan 28 minggu hingga usia kandungan Anda mencapai 36 minggu, jadwal periksa kandungan menjadi 1 kali dalam seminggu. Pada kunjungan periksa ini, Anda juga sudah harus mendiskusikan dengan dokter atau bidan mengenai proses persalinan yang akan Anda hadapi.

2. Persiapkan kebutuhan bayi

Di usia kehamilan yang mencapai trimester 3, Anda sudah bisa mempersiapkan kebutuhan bayi Anda. Perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan bayi newborn atau bayi yang baru lahir itu cukup banyak. Anda bisa memulainya dari membuat kamar untuk bayi. Lalu persiapkan tempat tidur dan beberapa mainan untuk menghibur bayi Anda nanti.

Setelah itu yang tentunya tidak boleh tertinggal adalah pakaian bayi. Pakaian bayi juga dilengkapi kaos kaki, topi atau penutup kepala, dan sarung tangan. Kemudian perlak untuk alas tidur bayi agar ompol bayi tidak rembes hingga ke tempat tidur. Setelah itu, siapkanlah popok, minyak kayu putih, sabun bayi, dan sampo bayi.

3. Lakukan olahraga yang aman untuk persiapan kehamilan trimester 3

Olahraga yang aman untuk Anda lakukan di usia kehamilan trimester 3 salah satunya adalah berjalan kaki. Ya, berjalan kaki adalah olahraga yang terbilang ringan. Anda bisa mulai dengan berjalan kaki sebentar sekitar 10 hingga 15 menit. Apabila sudah merasa Lelah, Anda bisa beristirahat dan jika sudah tidak kuat Anda berhenti lalu melanjutkannya di keesokan harinya.

Lakukan jalan kaki pada keesokan harinya selama 30 menit dalam sehari jika merasa tubuh Anda kuat. Selain bagus untuk melatih stamina, jalan kaki juga dapat mempermudah proses persalinan secara normal, karena dapat membuat posisi bayi Anda turun ke panggul sehingga proses pembukaan saat persalinan bisa dilalui dengan cepat.

4. Hitung dan persiapkan anggaran

Mempersiapkan anggaran adalah sesuatu yang paling krusial untuk persiapan kehamilan. Anda perlu mencari tahu lebih dulu sebelumnya berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk proses persalinan nanti. Anda harus berdiskusi dengan pasangan untuk menentukan rumah sakit yang tepat dan cocok untuk melakukan persalinan.

Alangkah lebih baik jika Rumah Sakit tempat Anda melahirkan adalah tempat Anda periksa kandungan. Dengan demikian dokter Anda sudah mengetahui secara detail riwayat kehamilan Anda. Sehingga proses persalinan bisa dilakukan dengan minim kendala.

Demikianlah beberapa persiapan yang sebaiknya Anda lakukan agar persalinan bisa berjalan lancar. Persiapan kehamilan trimester 3 mungkin akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda, terlebih jika kali ini merupakan kehamilan pertama. Selama Anda rutin memeriksa kandungan dan melakukan persiapan-persiapan lainnya, Anda tidak perlu cemas berlebih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.