Awas Jamur Bikin HP Menjadi Bau, Cobalah Tips Simpel Ini!

Awas-Jamur-Bikin-HP-Menjadi-Bau-Cobalah-Tips-Simpel-Ini
Foto dari Canva

Saat hendak menelpon atau berselancar di media sosial, mendadak Anda mencium bau tidak sedap muncul dari ponsel. Hal ini pasti membuat Anda merasa kurang nyaman memakai ponsel pribadi, bukan? Bau tidak sedap yang muncul dari ponsel bisa disebabkan oleh jamur yang bersarang di sana. Anda harus tahu tips membersihkan jamur di HP agar ponsel bisa dipakai lebih nyaman dan bebas dari aroma tidak sedap.

Cara Ampuh Membersihkan Jamur di Casing HP dengan Baking Soda

Ada banyak penyebab kemunculan jamur di casing ponsel yang membuat HP menjadi bau dan kotor, misalnya ponsel terkena tumpahan air tanpa dibersihkan, salah pilih case pelindung ponsel, tidak rutin membersihkan ponsel, dan membersihkan casing ponsel dengan lap yang basah. Alih-alih bersih karena sudah dilap, ponsel Anda bisa menjadi sarang bakteri dan jamur yang membuat bintik-bintik putih dan aroma tidak sedap, lho!

Supaya Anda memiliki ponsel yang senantiasa bersih dan mendukung kenyamanan dalam berkomunikasi atau aktivitas di dunia maya, sebaiknya ketahui tips membersihkan jamur di HP dengan cara simpel berikut :

1. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan

Tidak hanya biasa digunakan untuk membuat kue saja, baking soda juga ampuh dipakai untuk membersihkan noda atau jamur yang menempel pada casing ponsel. Selain baking soda, Anda perlu peralatan sederhana seperti air, kain microfiber dan sikat gigi.

2. Proses membuat pasta baking soda

Campurkan baking soda dengan air yang sudah Anda siapkan, lalu aduk secara merata sampai keduanya menjadi pasta. Ambil sikat gigi yang berbulu halus atau boleh memakai sikat gigi lama, kemudian oleskan pasta baking soda ke bagian casing ponsel yang menjadi sarang jamur. Usahakan untuk mengoleskan dan menggosok casing ponsel Anda secara perlahan agar tidak merusak lapisan permukaan casing. Pastikan Anda melepas lebih dulu casing ponsel yang kotor agar bagian mesin atau ponsel yang terbuka tidak terkena pasta.

Bila Anda membeli produk yang menggunakan baterai tanam sehingga casing tidak bisa dibuka, bisa mengoleskannya secara perlahan dan pastikan tidak mengenai bagian-bagian yang rentan rusak, misalnya lubang charger, USB dan lain-lain.

3. Bersihkan dengan kain

Bila casing sudah terolesi dengan pasta baking soda, ambil kain lap microfiber yang sudah dibasahi untuk membersihkan pasta tersebut. Usahakan untuk kain lap yang sudah dibasahi tidak terlalu basah sebab bisa membuat kondisi casing semakin lembab dan kotor.

4. Proses pengeringan

Bila sudah membersihkan sisa pasta yang masih menempel, Anda bisa mengambil kain lap yang baru dan bersih untuk mengeringkan ponsel secara maksimal.

5. Ponsel bisa digunakan kembali

Bila casing sudah benar-benar bersih, Anda bisa memasang casing dengan ponsel kembali. Usahakan menghindari kegiatan yang bisa memicu pertumbuhan dan perkembangan jamur di casing tersebut seperti tidak menaruh minuman atau makanan di dekat ponsel, memastikan tangan selalu bersih saat menggunakan ponsel dan rajin membersihkan ponsel secara konsisten.

Selain memakai baking soda, tips membersihkan jamur di HP bisa pula memakai tisu basah, beras kering, alkohol, hand wash, dan bahan lain. Pembersihan yang rutin akan membuat ponsel Anda tampak bersih, bebas bau dan tidak lengket. Apalagi Anda menyimpan ponsel di dalam tas atau ruang yang kedap udara dalam jangka waktu lama, maka casing ponsel akan menjadi tempat favorit bagi jamur berkembang biak. Yuk, jaga kebersihan ponsel agar Anda lebih nyaman memakai sehari-hari!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.