Jangan Salah, Ini Cara Membedakan Smartphone Ori dan Bukan segala Tipe

  • Whatsapp
Jangan-Salah-Ini-Cara-Membedakan-Smartphone-Ori-dan-Bukan-segala-Tipe
Foto dari flickr

Smartphone saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan primer manusia. Maraknya berbagai ponsel mulai dari android sampai iOS menjadi salah salah satu keuntungan tersendiri. Sebab akan semakin banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dari sisi lain fenomena ini juga dimanfaatkan oleh sebagian oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat replika ponsel. Supaya tidak salah beli ini cara membedakan smartphone ori dan bukan.

Cara Membedakan Smartphone Ori dan Bukan

Smartphone replika dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang ori namun dengan kemampuan yang diusung lebih rendah dibandingkan ori. Rugi jika Anda membeli smartphone replika karena selain dari kualitas produk yang dibawah produk original, Anda juga tidak bisa klaim garansi resmi ke tempat service center. Cara membedakan smartphone ori dan bukan sebagai berikut.

1. Cek bentuk fisik secara langsung

Bentuk fisik dari smartphone palsu memang terlihat akan menyerupai aslinya, namun sebagai bentuk replika smartphone palsu tidak memiliki detail sebaik original. Sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu lewat informasi di internet mengenai bentuk fisik dan material yang digunakan pada smartphone yang dibeli. Anda patut curiga jika ada bagian-bagian yang dirasa beda dari apa yang Anda ketahui.

2. Jangan tergiur dengan harga murah

Ini adalah cara yang antisipasi dini sebelum memutuskan untuk membeli ponsel, terutama untuk ponsel yang dijual dalam kondisi baru. Jangan tergiur dengan harga murah dari ponsel replika. Sekali lagi Anda perlu mengetahui detail harga ponsel yang dikeluarkan secara resmi dan berapa penawaran yang diberikan di pasaran. Selain harga ada atau tidaknya kartu garansi juga bisa menjadi ukuran.

3. Lacak nomor IMEI

Setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang telah terdaftar. Nomor IMEI bisa dilihat pada kontak penjualan Anda bisa menggunakan browser untuk cek nomor IMEI apakah sudah didaftarkan atau belum dan akan muncul informasi detail tentang ponsel tersebut.

4. Root sistem android

Cara untuk membedakan smartphone ori dan bukan bisa dilakukan dengan melakukan root sistem android yaitu mematikan daya ponsel, setelah itu tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume dan tombol home lalu lepaskan ketika ponsel sudah hidup dan menampilkan sistem dari produk android. ketika tulisan yang tampil pada sistem mediatek berbahasa Inggris  maka produk tersebut adalah produk original sedangkan jika produk berbahasa Mandarin maka smartphone tersebut adalah produk replika.

Itulah 4 cara membedakan smartphone ori dan bukan yang bisa dilakukan untuk sistem operasi android. Sedangkan untuk iphone cara membedakannya ori atau bukan bisa dengan mudah diketahui lewat bentuk fisiknya dan nomor IMEI. Bentuk fisik iphone ori dan bukan jelas terlihat bedanya. Cara termudah membedakannya dilihat dari harga yang ditawarkan, jika harga sudah tidak masuk akal fix produk replika.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *