Mengenal Apa Itu Carbon Trading, Trader Bijak Wajib Tahu

Mengenal-Apa-Itu-Carbon-Trading-Trader-Bijak-Wajib-Tahu
Foto dari Canva

Trader harus punya bekal ilmu yang memadai tak hanya tentang jual beli aset namun juga tentang carbon trading. Sebelumnya perlu diketahui dulu bahwa saat ini telah berlaku pembatasan karbon secara global. Hal ini mendorong munculnya banyak token hijau sebagai carbon trade platform. Agar bisa menggunakan jenis token tersebut, mari cari tahu lebih jauh tentang carbon trading!

Pengertian Carbon Trading

Carbon trading adalah sebuah aktivitas trading atau perdagangan antar negara yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menurunkan emisi karbondioksida. Bisa juga diartikan secara harfiah sebagai perdagangan emisi karbon.

Agar lebih mudah menjawab pertanyaan apa itu carbon trading, mari simak penjelasan berikut. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya setiap negara punya batasan karbon yang boleh dilepaskan. Dengan adanya carbon trading ini maka setiap negara bisa mematuhi aturan pembatasan tersebut.

Cara Kerja

Mudah saja untuk memahami cara kerja dari carbon trading. Sama halnya seperti trading lain, harus ada barang yang diperjualbelikan. Harus ada juga pembeli dan penjual yang sama-sama merasa diuntungkan. Dari namanya, jelas bahwa benda yang diperjualbelikan adalah izin pelepasan karbon.

Negara yang memiliki pelepasan karbon tinggi bisa membeli hak pelepasan lebih banyak karbondioksida ke atmosfer. Pembelian ini dilakukan dari negara yang emisi karbonnya terbilang rendah. Jadi kesimpulannya, jual beli izin pelepasan karbon ini bisa mendatangkan begitu banyak keuntungan.

Bagi negara atau perusahaan yang bisa meminimalisir pelepasan emisi karbon, mereka akan mendapatkan untung lebih besar. Keuntungan ini didapatkan dari hasil penjualan izin pelepasan emisi karbon. Semakin banyak dibeli oleh negara atau perusahaan lain maka akan semakin banyak uang yang diperoleh.

Praktik Carbon Trading di Indonesia

Proses carbon trading sebenarnya bukan hal yang aneh di Indonesia. Aktivitas trading ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Ini menjadi langkah penting untuk membantu menekan karbondioksida sekaligus mendapatkan keuntungan secara pribadi.

Carbon trading juga dianggap legal oleh pemerintah Indonesia. Jadi tak perlu takut tidak aman jika ingin trading karbon. Selama proses transaksinya memang transparan maka tak perlu takut adanya tindak penipuan terkait masalah ini.

Green Project dari AHA Token

Aktivitas transaksi kripto saat ini memang semakin tinggi. Hal ini pun menyebabkan emisi karbon yang dilepaskan di udara juga bertambah banyak. Itulah mengapa dibutuhkan kontrol yang tepat dan efisien. Salah satunya dengan menggunakan token yang ramah lingkungan seperti AHA token.

AHA token adalah carbon trade platform yang diciptakan untuk membantu mengatasi pencemaran lingkungan. Token ini bergabung dalam green project yang akan membantu mengontrol emisi karbondioksida. Soal keamanan, token ini sudah dijamin aman dan legal karena regulasinya sudah jelas.

Bagi Anda yang tertarik dengan token ini, langsung saja bergabung dengan komunitas AHA token. Ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari di komunitas tersebut. Anda juga bisa selalu update informasi mengenai AHA token. Melalui komunitas AHA token Anda pun bisa lebih terfasilitasi untuk menjaga kondisi lingkungan.

Carbon trading adalah salah satu poin penting yang perlu dipahami di zaman digital dengan tren kripto yang terus meningkat. Jenis trading ini memberi manfaat dan membawa perubahan yang cukup besar pada kondisi lingkungan. Mari bersama-sama jaga lingkungan hidup dengan menggunakan AHA token atau menjalankan green project. Semakin banyak yang memanfaatkannya maka akan semakin baik bagi lingkungan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.