Mengenal Cara Kerja Otot Jantung dalam Tubuh Manusia

Mengenal-Cara-Kerja-Otot-Jantung-dalam-Tubuh-Manusia
Foto dari Canva

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Bisa dikatakan bahwa jantung ini menjadi pusat kehidupan kita. Saat jantung berhenti bekerja maka tubuh kita akan dikatakan mati. Mengingat pentingnya organ tubuh ini maka kita harus bisa memahami cara kerjanya dengan baik. Berikut akan dibahas seperti apa cara kerja otot jantung dan hal-hal lain yang penting untuk diketahui.

Otot Jantung

Sebelumnya mari pahami dulu apa itu otot jantung. Ini merupakan otot yang menyusun dinding jantung dan bertugas untuk memompa darah menuju maupun keluar jantung. Otot jantung memegang peran penting dalam kehidupan seorang manusia. Berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk dipahami seputar cara kerja dari otot jantung:

Read More

1. Dibagi Dua Jenis

Perlu diketahui dulu bahwa otot jantung terbagi menjadi dua jenis. Pertama ada otot polos yang memiliki bentuk silinder dan terlihat polos. Kemudian ada otot lurik yang memiliki warna garis gelap dan terang secara berselang-seling. Keduanya akan bekerja secara bersamaan dan membentuk satu kesatuan yang kemudian disebut sebagai otot jantung.

2. Bekerja tanpa Sadar

Otot jantung merupakan jenis otot yang istimewa. Di dalam tubuh kita ada banyak sekali jenis otot dan otot jantung sangat istimewa karena berbeda dari jenis otot lainnya. Otot jantung bisa bekerja tanpa sadar. Lain halnya dengan otot lain dalam tubuh yang bekerja secara sadar.

Meskipun bekerja secara tidak sadar atau otomatis, namun perlu diketahui bahwa kerja otot jantung akan dipengaruhi oleh dua jenis saraf. Saraf yang mempengaruhi kerja otot jantung adalah saraf simpatik dan parasimpatik. Saraf inilah yang kemudian akan berpengaruh pada cepat lambatnya detak jantung.

3. Fungsi Otot Jantung

Perlu diketahui bahwa otot jantung tidak hanya memompa darah dari atau menuju jantung. Otot jantung juga akan membantu membersihkan zat-zat hasil metabolisme jantung. Oleh sebab itu otot ini sangat berpengaruh pada kualitas aliran darah yang beredar di seluruh tubuh. Jika otot jantung dipelihara kesehatannya dengan baik maka fungsinya bisa berjalan normal dan kualitas aliran darah juga terjaga.

4. Dipengaruhi Sel Pacu Jantung

Cara kerja otot jantung akan dipengaruhi oleh sel-sel khusus. Sel-sel ini disebut sebagai sel pacu jantung. Nantinya sel-sel tersebut akan bertanggung jawab dalam mengendalikan kerja otot jantung di tubuh manusia. Sel pacu ini akan memicu munculnya kontraksi pada jantung sehingga terjadilah peredaran darah sesuai dengan fungsi masing-masing otot jantung.

Sel pacu ini memiliki hubungan erat dengan sistem saraf. Sistem saraf akan mengirimkan sinyal ke sel-sel pacu jantung kemudian mendorong sel tersebut agar mengatur kerja otot jantung. Sel pacu bisa memperlambat maupun mempercepat kerja otot jantung.

5. Aliran Kerja Otot Jantung

Seperti kita tahu bahwa jantung bekerja memompa darah dari atau menuju jantung. Nantinya otot jantung akan menerima pasokan darah lewat dua pembuluh utama yaitu arteri koroner sebelah kanan dan kiri. Selanjutnya otot jantung akan memompa darah menuju atau keluar jantung. Jika keluar jantung maka aliran darah ini akan disalurkan ke semua bagian tubuh.

Kerja otot jantung bisa melemah sewaktu-waktu. Saat otot jantung melemah maka peredaran darah tidak bisa lancar. Kondisi ini bisa berbahaya bahkan bisa menghentikan peredaran darah secara tiba-tiba. Saat hal tersebut terjadi maka tubuh bisa saja mengalami kematian.

Cara kerja otot jantung ini akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh secara menyeluruh. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan jantung. Caranya dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga, juga menghindari rokok dan alkohol.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.