Tips Membuat Bukti Potong Pajak Online secara Aman

  • Whatsapp
Tips-Membuat-Bukti-Potong-Pajak-Online-secara-Aman
Foto dari Canva

Selain penyerahan laporan SPT, pembuatan bukti potong atau bupot kini juga bisa dilakukan secara online. Tersedia layanan e-bupot yang bisa dipakai untuk membuat bukti potong pajak online secara aman dan sangat praktis. Tentunya layanan ini dapat membantu para wajib pajak untuk menyelesaikan urusan pajak mereka secara lebih praktis dan hemat waktu.

Pembuatan Bupot Online

Wajib pajak tentu harus benar-benar cermat ketika melakukan pengurusan pajak termasuk pembuatan laporan dan bupot secara online. Meskipun prosesnya online yang artinya lebih mudah dan praktis, namun bukan berarti bebas risiko kesalahan. Berikut ini adalah beberapa tips pembuatan bupot online secara aman dan minim kesalahan:

1. Pahami Dasar Hukumnya

Pertama-tama, pastikan bahwa Anda memahami dasar hukum pembuatan bukti potong terlebih dahulu. Ini merupakan prinsip penting dalam proses pengurusan pajak secara online. Perlu diingat kembali bahwa pengurusan pajak sangat erat kaitannya dengan aturan hukum sehingga harus ada landasan yang kuat dan harus dipahami terlebih dahulu.

Untuk pembuatan bukti potong, dasar hukum yang digunakan yaitu Peraturan Menteri Keuangan No. 12/PMK.03/2017 mengenai Bukti Pemotongan atau Pemungutan PPh. Di sana terdapat penjelasan lengkap mengenai aturan hukum dan pedoman pemotongan sekaligus pemungutan pajak oleh pihak lain.

2. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Karena pembuatan bukti potong ini akan dilakukan secara online maka sangatlah penting untuk memastikan bahwa koneksi internet berjalan lancar. Gunakan koneksi internet Anda untuk mengakses beragam situs lainnya terlebih dahulu. Apabila sudah dipastikan lancar barulah Anda bisa mulai melakukan pembuatan bupot atau bukti potong pajak elektronik.

Sangat disarankan untuk tidak asal melakukan pembuatan bukti potong ketika koneksi internet bermasalah. Hal ini justru akan membuat kelancaran proses pembuatan bupot terhambat. Nantinya bisa terjadi kekacauan pengisian data dan malah membuat data jadi tidak valid. Jadi lebih dahulu pastikan bahwa koneksi internet yang digunakan memang berjalan lancar.

3. Masukkan Data secara Cermat

Anda harus selalu teliti ketika sedang membuat bukti potong pajak online. Siapkan semua data atau dokumen pendukung yang akan dibutuhkan terlebih dahulu. Semua data atau dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat harus mudah untuk dijangkau sehingga proses input bisa berjalan lancar. Kemudian masukkan data satu per satu secara teliti.

Ingat, proses pembuatan bupot secara online ini memang praktis namun membutuhkan ketelitian yang tinggi. Salah satu keunggulan dalam proses pembuatan bupot online ini adalah bisa meminimalkan risiko kesalahan data. Namun Anda juga harus bisa berusaha semaksimal mungkin agar input data dilakukan secara tepat.

4. Pastikan Selalu Memeriksa Ulang

Setelah memasukkan data pembuatan bukti potong pajak, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan ulang. Periksa kembali data yang memang sudah dimasukkan dan pastikan kebenarannya. Pemeriksaan ulang ini sangat penting agar nantinya tidak ada kesalahan data ketika bukti potong sudah di-submit.

Pada saat memeriksa ulang data-data yang sudah dimasukkan, Anda juga harus tetap teliti. Baca satu per satu dan pastikan tidak ada kesalahan. Apabila ada kolom data yang tidak dipahami maka langsung hubungi saja KPP wilayah setempat untuk mendapatkan bantuan. DJP juga menyediakan layanan publik yang siap membantu proses pembuatan bupot secara online.

5. Pahami Proses Pembatalan dan Pembetulan

Dalam proses pembuatan bukti potong pajak, bukan tidak mungkin Anda akan melakukan kesalahan. Jika ada kesalahan data, maka bisa dilakukan pembetulan bupot. Aturan pembetulan ini harus dipahami dengan baik dan data yang akan dikoreksi juga harus dipastikan terlebih dahulu.

Lalu, pada kondisi tertentu bisa saja kesalahan pembuatan bupot tidak bisa dibetulkan atau dikoreksi. Artinya, Anda bisa melakukan pembatalan dan pembuatan ulang bupot tersebut. Jenis bupot seperti ini biasanya memuat kesalahan fatal yang tidak bisa dikoreksi sehingga jalan satu-satunya adalah dibatalkan lalu dibuat lagi bupot yang baru.

Itulah tadi tips pembuatan bukti potong pajak online. Bagi Anda yang belum punya pengalaman dalam membuat data bupot ini maka bisa membaca panduan dan meminta pertolongan orang lain. Pastikan untuk benar-benar memahami tahapannya agar pembuatan bupot bisa dipertanggungjawabkan sesuai aturan hukum.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *